Category Archives: wordpress

Membuat Spoiler di blog free hosted wordpress Bisa kah?

Saat ini Saya masih belajar tentang html dan ccs..  dan coba sempatkan waktu lagi kapan2 buat belajar PHP, java dan konco2nya.. ada referensi buat yang pingin belajar macam-macam seperti saya diatas. yaitu di W3school.com lengkap banget menurutku. Pake bahasa inggris sih tapi ada translate button.  Kalo yang dari indo ke blog ini aja forantum saya copas disana code html/css untuk spoiler ini :
<div><div style=”margin: 5px;”>
<div style=”margin-bottom: 2px;”><i><span style=”font-weight: bold;”>Tentang bla..bla.bla.. </span></i><input value=”Show” style=”margin: 0px; padding: 0px; width: 60px; font-size: 10px;” onclick=”if (this.parentNode.parentNode.getElementsByTagName(‘div’)[1].getElementsByTagName(‘div’)[0].style.display != ”) { this.parentNode.parentNode.getElementsByTagName(‘div’)[1].getElementsByTagName(‘div’)[0].style.display = ”; this.innerText = ”; this.value = ‘Hide’; } else { this.parentNode.parentNode.getElementsByTagName(‘div’)[1].getElementsByTagName(‘div’)[0].style.display = ‘none’; this.innerText = ”; this.value = ‘Show’; }” type=”button”/>
</div>
<div style=”border: 1px inset ; margin: 0px; padding: 6px;”>
<div style=”display: none;”>

isi spoiler…

</div></div></div></div>

Note : tag2 seperti form, input, onclick dan banyak lagi tidak bisa di tampilkan pada wordpress.com.

jadi hasilnya akan seperti dibawah ini..

Nama awal
Tentang bla..bla.bla..

Jadi bisakah buat spoiler di free blog wordpress.com jawabannya tidak menutup kemungkinan untuk bisa manun untuk saya yang baru belajar html dan css menurapak sebuah ketidakmungkinan.

Iklan

Membuat Daftar Isi Blog WordPress.com

Dah lama saya buat daftar isi blog pada pada page tersendiri. Tujuan awal saya sih biar saya sendiri bisa menghitung jumlah artikel yang saya buat beserta judulnya tanpa saya harus masuk dasboard.

Karena cukup banyak yang sudah kasih tau caranya membuat daftar isi, maka saat itu saya ga berniat menusil artkel ini. (lagian saya kan taunya dari baca web lain juga, takut di bilang copas wekeke :mrgreen: )

Eh… tapi ternyata ada temen yang tanya juga tuh gimana caranya bikin daftar isi. Waktu saya bilang googling aja dah… dia bilang males, sekarang banyak website boongan isinya cuma link-link doang.

Memang bener sih, banyak web yang pake cloaking atau doorway ato apalah wa kurang ngeh.. yang intinya sih menurut saya menipu pemakai mesin pencari.. so saya tulis aja ya sekarang dan tinggal pake..

untuk wordpress.com caranya sebenarnya cukup gampang, tinggal tulis aja “[/archives]” tanpa tanda kutip  dan garis miring pada post atau page yang ingin di kasih daftar isi. setelah itu publis aja selesai dah…

hihihi.. banyakan ngomong ya… tapi memang trik buat seo yang seperti diatas memang buat saya jengkel banget..

semoga bermanfaat.


Bikin sitemap buat wordpress.com blog

Sudah setahun ngeblok, baru tau sekarang kalo sitemap blog wp.com itu sudah di sediain dari wp-na.

Q  : Apa sih sitemap itu ?

J : Kalo masalah itu googling aja ya bro.. yang pasti penting buat acara SEO-an buat dll dah.

Jadi menurut yang saya baca.. sitemap untuk blog gratis wp.com itu sudah di sedian ama wordpressnya jadi kita tinggal apply aja pada webmaster tool yang kita pake.. tinggal submit aja alamat blog kamu terus tambahin sitemap.xml. contoh ” http://ayutas.wordpress.com/sitemap.xml ” dan kalo pake webmaster nya google, site configuration>>sitemape>>submit a sitemap tinggal tulis sitemap.xml aja

tunggu sebentar, bila sudah ada tanda centang ijo, berarti berhasil kita masukin sitemapnya.

Begitu semoga bermanfaat….


Nempelin whos.amung.us di widgets wordpress.com

Pingin nunjukin berapa user yang sedang online liat blog kita? pake whose amung.us gratis ga bayar, kecuali kalo pake yang pro. Langsung aja kunjungi  whos.amung.us tinggal copi aja tuh script yang di kasih.

Nah kalo urusannya dengan script, buat yang pake blok wordpress.com seperti punya saya ini pasti ga bisa.

Tapi tenang aja yang empunya widgets ga pelit kok, whos.amung.us kasih cara biar widgets tetep bisa di pasang pada blog kita. Lanjutkan membaca


memainkan musik pada blog wordpress.com

Jika anda ingin menampilkan player musik seperti jk Flash player atau yang lainnya pada wordpress.com tentu akan kesulitan. (diperlukan pengetahuan tentang converting code flash  untuk html -> kalo ga salah, hihi) Nah berikut ini adalah player yang bisa kita tampilkan pada blog wordpress.com

Soundcloud

Caranya silahkan buka situs soundcloud, kemudian cari lagu yang ingin anda  masukan pada stus anda. Jika lagu yang Anda inginkan belum tersedia pada situs tersebut anda bisa menguploadnya dengan cara mendaftar. bila sudah ada klik toolbar  </>Share, diatas player lagunya. copy codenya dan pasang pada posting anda. Berikut ini contohnya.

Lagu Indonesia Pusaka.


Widgetz “Daily Horoscope”


More Astrology widgets here


Costumisasi tampilan blog pada wordpress !!

images1Untuk memulai costumisasi blog wordpress tentunya anda harus mempunyai accound blog wordpress.com terlebih dahulu. Jika belum. Silahkan daftar di wordpress.com gampang dan cepat. Tutorialnya silahkan klik link ini : cara bikin blog di wordpress

Lanjutkan membaca


Apa itu widgets?

stilah widget seringkali disebut dalam blogosphere. namun sebenarnya apa sih widget itu?

definisi Widget, ( referensi dari wikipedia.org ) dalam istilah internet merupakan “kode portabel ( biasanya DHTML, JavaScript atau Adobe Flash ) yang dipasang ( diinstall, atau sederhananya, copy paste ) pada suatu halaman web, yang memiliki suatu fungsi tertentu dan menjadi suatu bagian dalam halaman web tersebut.” Lanjutkan membaca


Cara Bikin Blog Langsung Dari WordPress.Com

WordPress adalah sebuah perangkat lunak blog yang ditulis dalam PHP dan mendukung sistem basis data MySQL. WordPress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck, teman dari ketua developer, Matthew Charles Mullenweg. Lanjutkan membaca


Instalasi WordPress Pada Computer Rumah/Local

Sebelum kita melakukan instalasi wordpress pada computer rumah persiapkan terlebih dahulu tool yang kita butuhkan.

  1. Xampp : tool yang berfungsi untuk menjalankan program Apache sebagai web server, MySql sebagai pengolah database dan PHP bahasa pemograman web. Cara Instalasi dapat anda lihat pada artikel Instalasi Aphace, MySQL dan PHP Lanjutkan membaca