1 Ons Bukan 100 grams


Kalau dibilang saya termasuk orang yang ngak perduli kai ya, karena memang saya baru sadar kalau satuan ukuran dan konversi antar ukuran itu penting untuk dimengerti. Ceritanya berawal dari permintaan seorang teman yang ingin mengkalkulasi kebutuhan bahan untuk usaha yang akan dijalankannya. Waktu kami sedang mencoba kalkulasi harga ternyata harga yang kami temukan lebih dari harga pasar. Kami hitung ulang, sekali duakali hingga enam kali tetep aja tidak ketemu harga yang pas, pada akhirnya kami menyimpulkan bahwa rumus hitungannya yang salah mungkin. :-))

Akhirnya saya mencoba browsing kembali untuk melihat rumus yang saya memang dapatkan di internet. waktu saya cocokkan dengan hasil copian saya tidak ada yang salah, saat itu saya coba untuk menghitung kembali mungkin saja kami yang salah dalam mengkalkulasikannya. setelah beberapa kali tidak ketemu akhirnya saya coba browsing untuk melihat literatur / acuan satuan ukuran.

pada waktu itu saya tertarik dengan salah satu link hasil search saya yang berjudul sama dengan judul artikel ini. Sedikit ulasannya seperti dibawah ini atau klik aja alamat ini http://bramrider.wordpress.com

Seorang teman saya yang bekerja pada sebuah perusahaan asing, di PHK akhir tahun lalu. Penyebabnya adalah kesalahan menerapkan dosis pengolahan limbah, yang telah berlangsung bertahun-tahun. Kesalahan ini terkuak ketika seorang pakar limbah dari suatu negara Eropa mengawasi secara langsung proses pengolahan limbah yang selama itu dianggap selalu gagal. Pasalnya adalah, takaran timbang yang dipakai dalam buku petunjuknya menggunakan satuan pound
dan ounce. Kesalahan fatal muncul karena yang bersangkutan mengartikan 1 pound = 0,5 kg. dan 1 ounce (ons) = 100 gram, sesuai pelajaran yang ia terima dari sekolah. Sebelum PHK dijatuhkan, teman saya diberi tenggang waktu 7 hari untuk membela diri dgn. cara menunjukkan acuan ilmiah yang menyatakan 1 ounce (ons) = 100 g. Usaha maksimum yang dilakukan hanya bisa menunjukkan Kamus Besar Bahasa Indonesia yang mengartikan ons(bukan ditulis ounce) adalah satuan berat senilai 1/10 kilogram. Acuan lain termasuk tabel-tabel konversi yang berlaku sah atau dikenal secara internasional tidak bisa ditemukan.
SALAH KAPRAH YANG TURUN-TEMURUN.

akhirnya saya tau kenapa kalkulasi kami selalu lebih besar dari pasar, karena kesalahan pemahaman kami akan satuan yang dipergunakan.

Teman saya menghitungnya dengan konversi 1 Ons = 100 Grams

Sekarang selesai sudah masalahnya dan kami bisa menentukan harga sesuai dengan harga pasar bahkan dibawah harga pasar (untuk keperluan promo) dan kami tetap bisa mendapatkan keuntungan. terimakasih kepada yang menulis blog yang saya baca diatas. Informasinya sangat bermanfaat.


Tinggalkan Balasan

