Notepad++


Karena pada dasarnya saya bukan seorang yang ahli dalam hal permograman web, saya tidak bisa menjelaskan banyak tentang software ini. Penjelasan atau temuan masalah yang simple begini ni..!! Ceritanya saya sedang mengganti blog di blogspot yang bisa kita ganti template/themes atau tampilannya sesuai yang kita inginkan. Nah yang dalam blogspot tersebut template nya berbentuk xml yang jika kita buka dengan notepad biasa (bawaan windows XP) bakal muncul karakter huruf yang tidak bisa kita mengerti.

so…  gimana caranya biar kita bisa mengkostumisasi template blog tersebut. Terus saya teringat dengan program yang terdapat dalam cd sebuah majalah komputer dan kebetulan saya pernah coba2 utak atik php menggunakan itu sebelumnya. dan benar …. bisa dipakai dan karakter tulisannya dapat kita mengerti.

Sebenarnya menggunakan program bawaan windows yaitu wordpad juga bisa cuma menurut saya saya lebih nyaman menggunakan notepad++ karena kita salah satu kemudahannya adalah kita bisa membuka file banyak yang hanya dipisahkan dalam sebuah tab bukan window.

Berikut ini sejumlah fungsi unggulan (menurut saya) dari notepad++

  • Find and Replace in Files: mencari dan mengganti string dalam banyak file sekaligus
  • Auto close HTML/XML tags
  • Multi language
  • Fungsi TextFX yang sangat berguna untuk berbagai keperluan yang sangat bervariasi. Saya sendiri belum mengeksplore fitur dari textFX.
  • Ketika diload, program ini akan langsung membuka dokumen terakhir, sehingga tidak perlu membuka satu-persatu. Fitur ini sangat berguna bagi saya, karena bisa mengingatkan sampai dimana hasil pekerjaan saya.
  • Kemampuan plug in. Program ini bisa ditambahi dengan plug in. Sama seperti mesin blog wordpress yang bisa ditambahi plug in. Dengan adanya fungsi ini maka kemampuan program bisa ditingkatkan tanpa harus berganti versi apalagi instalasi. Saat ini saya baru mencari plug in untuk kode completion agar bisa bersaing dengan macromedia dreamweaver.
  • Gratis. Meski tidak begitu berpengaruh di Indonesia khususnya tetapi memakai program yang legal memiliki rasa tersendiri. Konon ada pepatah bilang rasa adalah segalanya. :)
  • Notepad++ tersedia dalam bentuk portable. Tetapi saya sendiri menggunakan versi non-portable. Alasanya saya tidak pernah coding ditempat kerja. Selalu di rumah.
  • Ringan, kelebihan yang satu ini yang membuat saya jatuh cinta dengan notepad++. Artinya ia lebih hemat energi.

Begitulah kelebihan notepad++. Jika tertarik bisa mendownload disini. Sebagai catatan notepad++ datang dengan prinsip opensoure, sehingga bisa dimodifikasi.

Notepad ++


Tinggalkan Balasan

