Tutorial CorelDraw pertemuan Pertama (Pemahaman Menu & Tool)


[tweetmeme]

Tidakhanya pada coreldraw, untuk program yang lain pemahaman akan menu dan tool/alat yang dipergunakan akan sangat berpengaruh pada pengguna program tersebut.

Perlu dipahami sebelumnya bahwa saya disini tidak bermaksud untuk menggurui teman-teman sekalian, hanya sekedar share dan berbagi ilmu. jika saja nantinya terdapat kesalahan ataupun kurang lengkap mohon maklum dan bila ada waktu bisa tuliskan coment. terimakasih .

Berikut beberapa bagian yang perlu dipahami sebelum memasuki sesi berikutnya.

Saat membuka program CorelDraw, tampilan yang akan muncul pertama kali adalah seperti gambar dibawah ini.

bagian-bagian yang saya arsir merah diatas adalah bagian yang akan kita bahas pada saat ini.

Properti Bar

Property bar

Properti bar menampilkan fungsi yang paling sering dipergunakan saat menggunakan coreldraw. Properti bar akan menampilkan menu perintah yang akan selalu berubah berhubungan dengan tool yang sedang dipergunakan. Contoh saat kita menggunakan Pick tool dan klik pada area kertas maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini (saat pertamakali masuk program corel properti bar akan tampil seperti ini juga).

dengan demikian kita bisa mengatur jenis kertas (Letter, A4, dll), ukuran kertas (bila kita ingin ukuran custom atas untuk lebar dan bawah untuk tinggi), posisi kertas (posisi Berdiri/portrait atau tidur/landscape), satuan ukuran (Inchi, Pixel, Centimeter, Milimeter dll).

Tampilan diatas akan berbeda jika anda memilih sebuah objek Vektor atau Britmap. (penjelasan perbedaan Vektor dan Bitmap bisa dilihat disini)

Control Tool Box

Seperti saat kita akan membuat meja dari kayu, tentu kita akan membutuhkan gergaji, paku, lem, cat, pengaris dll sebagai alat yang akan kita pergunakan untuk membuat meja tersebut. dalam coreldraw tool bok merupakan wadah tool yang akan kita pergunakan untuk membuat atau mengedit gambar. berikut tool yang terdapat dalam control toolbox

Penjelasan lebih tentang fungsi dsb akan saya pada Sesi Penjelasan lebih jauh Tool Box.

Docker

Dockers

Dockers, seperti menu yang menampilkan kotak dialog untuk mengolah objek . Sebagai contoh Docker Tranformations yang dapat kita pergunakan untuk Duplikasi atau memindahkan objek, rotated atau memutar objek, mirror, size, dan skew yang kita dapat menentukan besaran sesuai dengan satuannya masing-masing.

Contoh : kita ingin menggandakan atau memindahkan objek, Menu : gunakan Transformations, Submenu menjelaskan pemindahan atau penggandaan pada posisi yang di inginkan.

Demikian semoga membantu. terimakasih.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: