Awas, Sering SMS-an Bisa Bikin Bahu ‘Teriak’


1b823dde5e64ae0ea0c7bd78502593f7Jakarta – Sering SMS-an ternyata bisa berpengaruh pada kesehatan bahu manusia. Para peneliti melakukan studi terhadap 138 mahasiswa untuk menguak hubungan ini.

Ratusan mahasiswa itu ditanyai tentang berapa banyak SMS yang mereka kirimkan tiap harinya. Selain itu, para peneliti juga mensurvei mengenai pemetaan tubuh partisipan. Nah, hasil dari studi inilah terkuak hubungan antara tingginya pesan pendek yang dikirimkan dengan perasaan tidak nyaman yang dirasakan di bahu.

Mereka yang sering melakukan SMS-an akan cenderung lebih mengalami konsekuensi fisik. Bahkan, menurut hasil survei yang dipresentasikan di gelaran American Public Health Assn, risikonya menyerupai orang yang sering ada di depan komputer.

“Apa yang kami lihat sejauh ini hampir menyerupai apa yang kami amati pada pekerja kantoran yang menghabiskan sebagian waktu mereka di depan komputer,” ujar Judith Gold.

“Posisi badan saat SMS-an, bahu yang dalam posisi tidak bergerak dan jari jemari yang berpindah dengan cepat, sama dengan posisi saat mengetik di komputer,” tambahnya lagi.

Meskipun para peneliti menekankan bahwa butuh penelitian lebih mendalam mengenai hal tersebut, namun tak ada salahnya jika kita mewaspadai kekhawatiran efek samping dari berkirim pesan singkat tersebut, demikian seperti yang dilansir detikINET dari LaTimes, Sabtu(14/11/2009).

Hem… mungkin sama dengan pegang mouse ya !!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: