Instalasi WordPress Pada Computer Rumah/Local


Sebelum kita melakukan instalasi wordpress pada computer rumah persiapkan terlebih dahulu tool yang kita butuhkan.

  1. Xampp : tool yang berfungsi untuk menjalankan program Apache sebagai web server, MySql sebagai pengolah database dan PHP bahasa pemograman web. Cara Instalasi dapat anda lihat pada artikel Instalasi Aphace, MySQL dan PHP
  2. Download wordpress terbaru dari alamat resmi wordpress, yaitu : http://wordpress.org, atau langsung download file ini http://wordpress.org/latest.zip ( terkadang tidak bisa download dengan download manager seperti flashget, DAP, IDM dan sebagainya, jadi gunakan saja download standard bawaan browser, misalnya dengan klik kanan dan pilih menu Save As.. atau Save Link As.. ukuran sekitar 1 MB ).
  3. Kopi atau teh manis dan beberapa kue untuk menemani anda membuat website anda.

INSTALASI WORDPRES

Agar bisa dijalankan, maka wordpress harus diinstall terlebih dulu. Sebelumnya ada beberapa konfigurasi yang harus dilakukan ( pastikan Apache dan MySQL telah dijalankan, lihat langkah Instalasi Aphace, MySQL dan PHP ).

  • Buka browser dan ketik localhost, kemudian pilih menu sebelah kiri bagian bawah phpMyAdmin ( atau langsung ketikkan di alamat browser http://localhost/phpmyadmin/)phpmyadmin
  • Buat database baru dengan mengetikkan nama database di bawah keterangan Create new database, misalnya latihan kemudian klik Create.

Setelah kita membuat database, kita mulai masuk pada bagian instalasi wordpress. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Extract wordpress.zip hasil download tersebut di folder htdocs yang ada didalam folder xampplite, C:\xampplite\htdocs atau D:\xampplite\htdocs. Hasil ekstraksi akan menghasilkan folder wordpress yang nantinya akan menjadi alamat ini. (nantinya anda dapat mengganti nama folder tersebut sesuai keinginan anda).
  2. Ketik localhost/wordpress pada web browser akan muncul jendela seperti dibawah ini :wordpress1wordpress2
  3. klik create a configuration file kemudian klik Let’s go!wordpress3
  4. Pada kolom Database name isikan nama file database yang telah kita buat tadi, pada kolomPada kolom username isikan root (default yang diberikan oleh MySql) Pada kolom password kosongkan saja dan kolom-kolom selanjutnya biarkan default seperti yang diberkan oleh wordpress. Klik submit.wordpress4wordpress5
  5. Klik run the install, kemudian isikan blog title dengan nama sesuai dengan keinginan anda dan email, klik install wordpress.

Jika semua langkah diatas anda lakukan dengan benar maka akan muncul denjela dibawah ini.wordpress6

Perlu diperhatikan !!!! siapkan pena dan tulis kode password tersebut. Atau block à Ctrl+C, buka notepad àCtrl + V. Namun jika anda yakin anda telah mengcopi atau haval kode tersebut langkah selanjutnya klik Log in.

login

Isikan username dan password yang telah diberikan diatas. Dan klik Log In.

Selesai ….  Sudah instalasi wordpres secara local, anda sudah dapat menulis artikel untuk website anda sendiri sekarang. Jangan lupa untuk mengganti password dengan kata yang mudah di ingat agar tidak menyusahkan saat akan log in kembali.

Semoga bermanfaat.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: