Sumpah Deh !!!


Sumpah Pemuda !

1928-Sumpah_Pemuda-1

Peristiwa sejarah Soempah Pemoeda atau Sumpah Pemuda merupakan suatu pengakuan dari Pemuda-Pemudi Indonesia yang mengikrarkan satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa. Sumpah Pemuda dibacakan pada tanggal 28 Oktober 1928 hasil rumusan dari Kerapatan Pemoeda-Pemoedi atau Kongres Pemuda II Indonesia yang hingga kini setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.

Kongres Pemuda II dilaksanakan tiga sesi di tiga tempat berbeda oleh organisasi Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI) yang beranggotakan pelajar dari seluruh wilayah Indonesia. Kongres tersebut dihadiri oleh berbagai wakil organisasi kepemudaan yaitu Jong Java, Jong Batak, Jong, Celebes, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten Bond, Jong Ambon, dsb serta pengamat dari pemuda tiong hoa seperti Kwee Thiam Hong, John Lauw Tjoan Hok, Oey Kay Siang dan Tjoi Djien Kwie.

Isi Dari Sumpah Pemuda Hasil Kongres Pemuda Kedua :

PERTAMA : Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Bertoempah Darah Jang Satoe, Tanah Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Bertumpah Darah Yang Satu, Tanah Indonesia).

KEDOEA : Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Berbangsa Jang Satoe, Bangsa Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Berbangsa Yang Satu, Bangsa Indonesia).

KETIGA : Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mendjoendjoeng Bahasa Persatoean, Bahasa Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia).

Dalam peristiwa sumpah pemuda yang bersejarah tersebut diperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia untuk yang pertama kali yang diciptakan oleh W.R. Soepratman. Lagu Indonesia Raya dipublikasikan pertama kali pada tahun 1928 pada media cetak surat kabar Sin Po dengan mencantumkan teks yang menegaskan bahwa lagu itu adalah lagu kebangsaan. Lagu itu sempat dilarang oleh pemerintah kolonial hindia belanda, namun para pemuda tetap terus menyanyikannya.

Apabila kita ingin mengetahui lebih lanjut mengenai banyak hal tentang Sumpah Pemuda kita bisa menunjungi Museum Sumpah Pemuda yang berada di Gedung Sekretariat PPI Jl. Kramat Raya 106 Jakarta Pusat. Museum ini memiliki koleksi utama seperti biola asli milik Wage Rudolf Supratman yang menciptakan lagu kebangsaan Indonesia Raya serta foto-foto bersejarah peristiwa Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928 yang menjadi tonggak sejarah pergerakan pemuda-pemudi Indonesia.

Kutip organisasi.org

Nah jadi ingat sama janji “sumpah turunan” yang harus selalu kita junjung.

Sumpah turunan, kalau saya sih mengatakannya begitu, (boleh marah) karena memang saya sendiri belum bisa mengucapkannya baik dengan perilaku ataupun yang lainnya. (paling-paling ikut-ikutan lomba waktu sd dulu). dan mungkin itu pula yang mendasari orang-orang tidak bangga dengan bangsanya dan negaranya. Tapi walaupun saya bilang “sumpah turunan” tapi saya bangga menjadi warga negara Indonesia. Paling tidak saya tidak menghancurkan bangsa ini dari dalam ;  seperti para orang-orang yang mencari keuntungan pribadi mengatasnamakan bangsa indonesia (he.. he .. ngelantur). Benar tidak Teman-teman……!!!


One response to “Sumpah Deh !!!

  • dir88gun-Theta

    Assalamu alaykum Wr. Wb.

    Wahai saudaraku dimanapun kalian berada!
    Sudah saatnya bagi kita, para pemuda, untuk memenuhi sumpah yang telah kita buat!
    Sumpah suci yang telah kita ikrarkan dengan sepenuh hati!
    Sumpah suci yang akan menjadi saksi kita di hadapan Sang Maha Pencipta!

    “Asyhadu An-Laa Ilâha Illallâh!
    Wa Asyhadu Anna Muhammadar Rasulullâh!”
    “Saya bersumpah bahwa tiada Illah selain Allah!
    Dan saya bersumpah bahwa Muhammad adalah Utusan Allah!”

    Kami, para pemuda muslim di tanah Indonesia, dengan ini mengaku
    ber-Illah yang satu, Allah SWT!
    berkitab yang satu, Al Qur’anul Karim!
    menjunjung tinggi hukum yang satu, Syariah Islamiah!

    Wahai saudaraku dimanapun kalian berada!
    Camkanlah ini dalam dadamu!
    Penuhilah sumpahmu!
    Kuatkanlah tekadmu!
    Serta raihlah kemenanganmu!

    Semoga Allah senantiasa meridhomu!

    Wassalamu alaykum Wr. Wb.

    _____________________________________
    INDONESIA GO KHILAFAH 2010
    “Begin the Revolution with Basmallah”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: